January 30, 2009

Where's My "Ramadhan"??

Aku agak susah menerima ini. Pertama kali aku ramadan di jogja. Di ugm. Di kos.. nggak bareng-bareng Edy, Mahir, Ortu, kucing-kucingku yang juga kadang ikut puasa..

Hilang sudah suasana bulan puasa di Santren,,, yang tiap pagi ada orang bangunin sahur, tiap sore masjid nyetel radio islami keras banget, tiap malem terdengar alunan orang desa mengaji di masjid, atau panggilan utk regu gugah-gugah sahur, regu piket, dan jatah godog wedang yg disiarkan tiap habis tarawih..lalu jalan-jalan sehabis subuhan,,well..aku suka suasana itu,, hemmf.
Juga saat bersama teman-teman berangkat tarawih, ngobrol di masjid dan dimarahi Bu Kusni.... tapi sekarang semua itu terasa sangat jauh adanya di galaksi lain.. dan aku terasing sendiri di planet asing..

Bapakku sering membariskan teh di baki pas buka. Kadang di dekatnya ada kolak atau es buah.. lalu ada makanan yg biasanya sederhana. Semua ditaruh di depan TV.. kami makan bersama..enaak.. Saat sahur kami makan dengan mata berdaya 3 watt, dengan lauk yang lebih berbobot..sambil nonton lawak yg ngga' lucu..terus berangkat ke masjid atau kadang tidur.

Bukannya puasa di kos tidak asyik. Tapi feelnya jelas beda..di desa lebih terasa islami. Dan setiap suasana islami pasti mendamaikan, dan menyenangkan hati. Sedangkan di kos semua hanya fokus ke kuliah, dengan tetangga juga tidak kenal, kayak bukan ramadhan deh.. Biasa banget..

Bukannya aku tipe orang yg gampang kangen rumah, tapi memang 'home is where the heart is'..benar kan?? Huff....

1 comment:

  1. Santren nyaman bgt yah, kayaknya ^^
    Mungkin aneh, tp entah gimana, keadaan itu terbalik buatku.
    Ramadhanku di solo sangat berkesan. Bukan mengecilkan kebermaknaan 'rumah'.. tapi mungkin hanya karena 'kebetulan' aku masuk ke tempat yg tepat.

    Rajin2 posting yah, aq tak rajin2 following. ^^

    ReplyDelete